Tags

, , , , , , , ,

Medan (mubarak) 4 Januari 2012.  Dalam rangka mengisi liburan anak-anak sekolah maupun kuliahan, Qaid Daerah SUMUT Wilayah Barat & Wilayah Timur  yang ditunjuk selaku kordinator Pelaksana Kegiatan kembali menyelenggarakan acara Kelas Tarbiyat yang merupakan agenda  Sekretaris Tarbiyat Pengurus Besar (PB JAI) di penghujung akhir tahun 2011. Walaupun ada kesamaan tanggal dalam pelaksanaan Kelas Tarbiyat tahun 2011 ini dengan pelaksanaan Kelas Tarbiyat tahun sebelumnya yaitu sama-sama dilaksanakan pada tanggal 24 – 27 Desember, namun ada perbedaan dalam hal jumlah peserta dll. Kalau dalam Kelas Tarbiyat Tahun sebelumnya jumlah peserta hanya mencapai 80 orang saja, sementara dalam pelaksanaan Kelas Tarbiyat Tahun ini animo peserta semakin meningkat hampir mencapai angka 50% lebih, ini terlihat dengan jumlah peserta menjadi 133 orang sesuai dengan harapan dan target dari Pantia.

Acara Kelas Tarbiyat yang dimulai pada Sabtu malam 24 Desember 2011, setelah diawali sambutan dan diiringi doa pembukaan yang dipinpin langsung oleh Bapak Mubaligh Wilayah SUMUT Wilayah Barat, Mln Murtiyono Yusuf Ismail dengan ucapan Basmalah secara resmi acara Kelas Tarbiyat ini dimulai. Mengiringi hari pertama Acara Kelas Tarbiyat seperti biasa tidak pernah absen dan terlewat sebelum memasuki ruangan belajar, seluruh peserta tidak terkecuali harus rapih berbaris membentuk barisan berbanjar untuk mengikuti Apel Pagi sesuai dengan Hizebnya masing-masing yang sudah diatur oleh panitia, hal ini untuk memudahkan pengawasan dan pengontrolan terhadap para peserta dalam segala kegiatan.

Setelah melaksanakan apel pagi selama kurang – lebih 15 menit, para peserta diabsen masuk ke ruang kelasnya masing masing sesuai dengan tingkatan usia dan juga kelasnya, mereka belajar dalam kelas sampai pukul 12.00 Wib/menjelang Shalat Dzuhur.  Setelah Shalat Dzuhur jama’ Ashar kemudian dilanjutkan makan siang.  Untuk menghilangkan kepenatan dan kejenuhan para peserta karena seharian mereka belajar, maka panitia acara menyajikan bebagai macam games/permainan menarik yang bisa menghibur mereka.  Diantaranya: Game sarung Lingkar antar Hizeb, tusuk balon saling berlawanan, menata gelas & yang tak kalah seru dan paling diminati oleh seluruh peserta terutama Khuddam maupun Athfal adalah pertandingan Futsal. Untuk Panitia Acara LI & NAI pun tidak kalah serunya mereka  &  menyuguhkan game-game yang menarik dan mengocok perut semua yang menyaksikannya. Untuk malam harinya selain mereka dihidangkan game – game yang menyehatkan tubuh bagi para peserta semua, panitia pun menyuguhkan Game-game kerohanian untuk para peserta.   Agar yang mereka santap itu menjadi seimbang antara sajian jasmani & rohani.

Setelah acara perlombaan kerohanian para peserta pun diharuskan pergi berlabuh ke pulau kapuk/tidur,  guna mempersiapkan jiwa raga semua peserta dalam menyambut & menyongsong hari esok yang penuh semangat, motivasi hidup yang  lebih baik lagi dari pada kemarin dengan siraman rohani yang bisa menyejukan Qalbu para peserta dari para Mubaligh/Panitia.  Seperti itulah kegiatan mereka selama  4 hari dalam acara tersebut.

Di hari terakhir Acara Kelas Tarbiyat Tahun 2011 ini, karena semua agenda belajar maupun perlombaan yang disajikan oleh Panitia acara sudah selesai, maka para peserta kelas tarbiyat diajak Berwisata Religi ke sebuah Wihara terbesar se Asia Pasifik yaitu Vihara yang terletak di Komplek Perumahan yang ada di Cemara.  Tempat Wisata Religi yang sama seperti Wisata Religi Kelas Tarbiyat tahun sebelumnya,  yang sebelumnya Panitia sudah mensurvei ke sebuah Kuil Hindu yang berlokasikan di Kampung Keling/kampong Madras istilah untuk lingkungan tempat tinggal orang-orang India yang mayoritas berdomisili di Medan. Dikarenakan suatu hal dan pertimbangan keamanan dll, Panitia meutuskan tidak jadi untuk berkunjung ke Kuil Hindu tersebut.  Sebagai ganti dan mengobati akan kekecewaan para peserta, maka akhirnya Panitia Menentukan tempat Wisata Religi yang sama dengan tahun sebelumnya sehingga hal ini pun tidak menyurutkan semangat para peserta semuanya.

Sepulangnya dari Wisata Religi kemudian dilanjutkan dengan Shalat Dzuhur jama’ Ashar dan makan Siang.  Tepat pukul 15.00 WIB acara Penutupan pun dimulai, seperti biasa sebelum amanah dan doa penutup acara yang selau dinanti –nanti oleh para peserta adalah pembagian hadiah dari berbagai macam game baik jasmani maupun rohani, dan juga juara-juara lainnya.  Para peserta pun merasa sangat senang dan antusias dalam  mengikuti acara Kelas Tarbiyat pada kesempatan tahun ini, hal ini  terucap dari salah seorang peserta yang baru pertama kalinya mengikuti acara tersebut dalam pesan dan kesan yang disampikannya dihadapan para peserta Kelas Tarbiyat.  Memang Kelas tarbiyat tahun ini lebih tertib, lebih khidmat, peserta juga bertambah, antusias ana-anak juga tampak di muka mereka dalam mengikuti setiap kegiatan Kelas Tarbiyat.  Akhirnya dengan diawali sambutan yang dibawakan oleh Bapak Mubaligh Wilayah SUMUT Wilayah Barat & Aceh, Mln. Murtiyono Yusuf Ismail,” dengan mengucap hamdallah acara Kelas Tarbiyat tahun ini secara resmi kami tutup, sampai jumpa lagi di momen-momen Kelas Tarbiyat yang akan datang, semoga Allah Ta’ala mengizinkan kita untuk dapat bertemu kembali dalam Kelas Tarbiyat yang akan datang.”  (Sarmad)